Kamis, 13 April 2017

Inkscape

Definisi dan fungsi software Inkscape
 
Definisi Inkscape adalah perangkat lunak (Software) pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License)  dan tujuan utamanya menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.

Fungsi Inkscape yaitu menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Prioritas utama proyek Inkscape adalah antarmuka konsistensi dan kegunaannya. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan kenyamannan di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.

Bagian-bagian dari software Inkscape.

  • Status Bar
Status bar dapat  digunakan untuk melihat status dokumen Inkscape yang sedang di buat. Pada Status bar tercantum informasi-informasi seperti warna objek dan posisi objek bila dilihat pada ukuran di ruler. Status bar dapat juga di gunakan untuk zooming

  • Menu Bar
Menu bar berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File → Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print untuk mencetak dokumen.

  • Tool Bar
Berada di sebelah kanan. Dan berisi berbagai ikon tool yang berfungsi membuat dan memanipulasi objek di lembar kerja Inkscape.

  • Pallet
Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah.

  • Koordinat dan zoom level
Ini berada setingkat dengan status bar, tapi di paling kanan. Fungsinya menunjukkan koordinat mouse dan menunjukkan tingkat zoom.

  • Control Bar
Ada di bawah menu bar, ini berisi perintah-perintah untuk mengedit dan memodifikasi objek, seperti perintah untuk menseleksi semua objek, perintah untuk memutar objek 90 derajat, dan perintah modifikasi objek lainnya.

  • Command Bar
Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save, dan sebagainya.


Sumber :
http://inkstutor.blogspot.co.id/2014/01/apa-itu-inkscape.html
http://nrhnzfh.blogspot.co.id/2012/03/pengantar-inkscape.html
https://inkscape21.wordpress.com/2015/10/27/2/
http://rifananda98.blogspot.co.id/2015/10/bagian-bagian-inkscape.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar